Cari Blog Ini

Memuat...

Rabu, 04 Mei 2011

BATUK

Batuk terjadi karena karena adanya perlindungan dari tubuh membersihkan saluran nafaas dari zat asing. Penyebab batuk biasanya terjadi karena radang, rangsangan mekanis berupa asap ataupun debu,Alergi,perubahan suhu seperti saat udara dingin.Rangsangan kimiawi,Virus dan kangker atau tumor.
Jenis jenis batuk terdiri dari bauk produktif dan batuk nonproduktif.Batuk produktif yaitu perlindungan untuk mengeluarkan dahak (sputum) dari batang tenggorokan sedangkan batuk non produktif adalah batuk yang bersifat kering.Pengobatan batuk produktif dengan Ekspektoran an pengobatan untuk batuk non-produktif adalah antitusiv.
Ekspektoran adalah suatu zat yang berguna mengeluarkan dahak (sputum) dari kerongkongan. Ekspektoransia terbagi menjadi sekretolitika,Mukolitika dan sekrestomotorika. Sekretolitika yaitu zat berupa obat yang dapat meningkatkan sekresi Bronkus (Misalnya : Kalium Iodida , Sucus Liquiritiae , Guaiafenisis (Gliserin guaiakolat / GG),Amonium Klorida,Minyak Atsiri,Ipecacuanhae radix. Mukolitika adalah suatu zat yang dapat mengencerkan sekret bronkus dengan jalan memecah ikatan protein atau menurunkan kekentalan (viskositas) dari sekret.( Misalnya : Asetilsistein,Karbositesin,Bromheksin,Ambroksol). Sekretomotorika merangsang kerja silia ( misal : Minyak terbang / atsiri).
Antitusiv adalah senyawa obat yang dapat meredakan atau menghentikan gejala dari batuk. Farmakologinya menghambat pusat batuk di batang otak dan blokade reseptor sensori dalam bronkus pada sistem saraf pusat. Contoh Antitusiv adalah Kodein,Noskapin,Dekstrometrofan (DMP),Prometazin dan Difenhidramin).


1 komentar: