Cari Blog Ini

Memuat...

Rabu, 04 Mei 2011

FK (Penggunaan Antibiotik)

Ibu E adalah seorang wanita berusia 30 tahun dengan berat badan 55 kg. yang bersangkutan masuk ke rumah sakit karena infeksi dada, yang untuk itu mendapatkan antibiotika ko-amoksikav. Sampai saat ini tidak dijumpai adanya gejala alergi. Ibu E juga mengeluhkan muntah beberapa kali. Pada pemeriksaan kulitnya nampak kuning dan dia memiliki bekas garukan pada tangan dan kaki. Sampel darah telah diambil.untuk tes fungsi hati dan hasilnya sebagai berikut : SGOT 123 unit/liter ( < 35 unit/liter) SGPT 645 unit/liter(25 – 100 unit/liter) Lembar pemberian obatnya di bangsal menunjukan bahwa dia mendapatkan pegobatan sebagai berikut : Ko-amoksiklav 375 mg, 3x sehari. Serta lotion kalamin.
Pertanyaan
Identifikasi masalah yang terkait dengan terapi obat pada pasien
Jawab
 Pasien menunjukan tanda dan gejala disfungsi hati yaitu merasa lemah,muntah beberapa kali dan kulit nampak kuning.
 Tes fungsi hatinya tidak normal
 Dari kasus diatas seorang dokter meberikan Ko-aoksiklav disebabkan karena pasien mengalami nyeri dada yang disebabkan oleh bakteri
 Bekas garukan pada tangan dan kaki berkaitan dengan pruritus sehingga diberikan lotio kalamin  Ko-amoksikav menandung amoksisilin degan penghambatan (beta-laktamase). Obat ini sangat aktif terhadap bakteri Haemophilus infulezae, Moraxella (Branhamella) catarrhais, Staphylococcus aures, Neisseria gonorrhoeae dan Baceriodes fragilis. (Clinial Drug Data)
 Asam klapulanat digunakan dalam kombinasi dengan turunan penisilin untuk meperanjang efek antibakterinya (Kimia Medisinal)
 BNF (British National Formulary) Edisi 50 suatu penelitian menunjukan bahwa risiko toksisitas hati akut dari Ko-amoksiklav adalah sekitar 6 kali lebih besar dibandingkan amoksisilin.
 Efek samping dari ko-amoksklav yang sering terjadi adalah cholestatic jaudiace terutama pada laki – laki dengan usia diatas 65 tahun.
 Lamanya pengobatan dengan ko-amoksiklav harus sesuai dengan indikasi dan seharunya tidak melebihi 14 hari. Tindakan yang dilakukan
 Dilakukan cek fungsi hatidan identifikasi penyakit hati yang diderita pasien
 Ko-amoksiklav dapat diganti dengan amoksisilin
Pustaka
Anonim,BNF,Ed50th hal 52
Anderson dkk . Clinical Drug Data,10th Edition,Mc Graw.hill Copanies hal126 -127
Siswanto&Bambang Soekardjo,Kimia Medicinal.Airlangga University Press

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar